100 Things Sharks Fans Should Know and Do Before They Die (100 Things...Fans Should Know)

100 Things Sharks Fans Should Know and Do Before They Die (100 Things...Fans Should Know)

Ujian Nasional Deskripsikan kondisi sosial negara indonesia dan negara filipina

Deskripsikan kondisi sosial negara indonesia dan negara filipina

Jawaban:

1. Keadaan / kondisi sosial negara Indonesia

Indonesia memiliki kurang lebih 13.667 pulau besar dan kecil dengan syarat perairan yang luas. Situasi ini sedikit menimbulkan isolasi geografis yang pada akhirnya menimbulkan kemajemukan

masyarakat. Kemajemukan masyarakat ini tentu memengaruhi keberagaman budaya yang ada seperti dalam hal adat-istiadat dan perbedaan-perbedaan daerah. Termasuk di dalamnya ras dan etnis yang ada. Beragamnya ras dan etnis yang ada di Indonesia juga tidak terlepas dari letak Indonesia yang berada di antara dua samudera. Di mana, kondisi ini menjadikan Indonesia sebagai jalur perdagangan strategis dunia.

Hal ini menyebabkan tingginya interaksi dengan masyarakat luar dan berpengaruh terhadap masuknya ras dan etnis ke Nusantara. Pernikahan antar ras dan etnis juga memiliki pengaruh besar pada keberagaman ras dan etnis di Indonesia.

2. Keadaan / kondisi sosial negara Filipina

Filipina adalah sebuah negara yang berbentuk republik dengan ibu kota Manila. Filipina merdeka dari penjajahan Amerika Serikat pada tahun 1946. Kepala negara Filipina adalah presiden dan kepala pemerintahannya juga presiden. Penduduk Filipina berjumlah 76.499.000 jiwa. Nenek moyang mereka adalah orang Melayu. Mereka telah bercampur dengan orang Eropa, Cina, dan India. Salah satu bahasa aslinya adalah bahasa Filipina atau Tagalog yang ditetapkan sebagai bahasa kebangsaan. Sampai sekarang bahasa Inggris masih dipergunakan dalam urusan pemerintahan. Sebagian besar penduduk Filipina menganut agama Katolik. Agama Islam dianut oleh sebagian penduduk Filipina di bagian selatan.

Penjelasan:

semoga membantu :)

[answer.2.content]